$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$label=0$hide=post

DPR: Petik Hikmah Kepemimpinan Soeharto

Legislatif
Selasa, 29 Jan 2008

MANTAN Presiden Soeharto merupakan orang besar yang memiliki jasa sangat besar bagi bangsa Indonesia. Namun, penguasa negeri selama 32 tahun ini juga tidak luput dari kesalahan yang dibuatnya selama menjadi presiden.

Demikian disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Al Muzzammil Yusuf kepada Jurnal Nasional, Senin (28/1).

"Yang terpenting, semoga bangsa Indonesia bisa memetik hikmah dari kepemimpinan HM Soeharto, baik dan buruknya, untuk kebaikan bangsa dan negara di masa depan." kata Al Muzzammil.

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera asal Lampung ini, perjuangan Soeharto di masa hidupnya harus dinilai secara adil. Dia mengungkapkan, sebagaimana diakui oleh Jenderal Besar AH Nasution, jasa Soeharto tidak terbantahkan saat menghancurkan Partai Komunis Indonesia atau PKI pada tahun 1965.

"Ini hutang budi bangsa dan seluruh umat beragama tanpa terkecuali," ujar Al Muzzammil.

Selain itu, ungkapnya, pada periode 1967 sampai dengan 1998, Soeharto juga berjasa melakukan pembangunan fisik bangsa. Sayangnya, disertai dengan setidaknya tiga persoalan besar. Yakni, mismanagemen yang akut, di mana 30 persen dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lenyap karena praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), sebagaimana disinyalir Profesor Sumitro.

Persoalan besar lainnya, kebijakan asas tunggal Pancasila dengan korban utama partai, organisasi kemasyarakatan, dan aktivis Islam. Di masa pemerintahan Soeharto juga banyak korban dari kalangan kelompok vokal dan kritis.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Chozin Chumaidy mengungkapkan, Saat Soeharto berkuasa, politik sama sekali tidak dinamis. Yang dibangun di era itu adalah politik hegemoni yang bertumpu pada kekuatan Soeharto, berbasiskan pada dua kaki, militer dan birokrasi. Partai yang ada, terutama PPP dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) hanya pelengkap demokrasi saja.

"Meski demikian, bibit-bibit demokrasi tetap selalu tumbuh dan berkembang. Tapi semua itu tertumpas dan terpinggirkan," katanya.

Di era tersebut, menurut Chozin, memang ada tiga partai politik. Tapi terjadi penyeragaman politik, baik di masyarakat maupun di lembaga perwakilan rakyat. Penyebabnya, tegas Chozin, Soeharto terlalu lama menjadi presiden. Itu mengakibatkan terjadinya distorsi kekuasaan dan kemandekan demokrasi. Secara ekonomi dan politik, pemerintahannya berakhir tidak baik. Terjadi sentralisasi kekuasaan yang mengakibatkan krisis ekonomi.

"Ujungnya, saat reformasi, muncullah kekuatan rakyat yang menginginkan perubahan yang bersinergi dengan politikus di Senayan yang juga menginginkan perubahan dan perbaikan," ujar Chozin. n Abdul Razak

COMMENTS

Name

Berita,35,Daerah,5,DPR,9,Galeri,11,Hukum,18,Kiprah,40,Konstituen,4,Lampung,1,Mancanegara,7,Media,2,Nasehat,4,Negara,2,Olahraga,3,Pemuda,3,Pictures,12,PKS,9,Politik,2,Profil,1,Rilis,4,Selayang Pandang,1,Twitter,1,Video,19,
ltr
item
ALMUZZAMMIL YUSUF : DPR: Petik Hikmah Kepemimpinan Soeharto
DPR: Petik Hikmah Kepemimpinan Soeharto
ALMUZZAMMIL YUSUF
http://www.almuzzammilyusuf.id/2008/01/dpr-petik-hikmah-kepemimpinan-soeharto.html
http://www.almuzzammilyusuf.id/
http://www.almuzzammilyusuf.id/
http://www.almuzzammilyusuf.id/2008/01/dpr-petik-hikmah-kepemimpinan-soeharto.html
true
8659056155022164892
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy