$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$label=0$hide=post

PKS Dukung Partainya SBY

Jumat, 05 Oktober 2007, 06:57:02 WIB

myRMnews. Fraksi PKS meminta Pansus Pemilu mengkaji secara mendalam gagasan Fraksi Partai Demokrat untuk membuat daerah pemilihan (da­pil) luar negeri pada Pemilu anggota DPR 2009.


Dengan demikian, suara pemilu WNI di luar negeri nanti tidak digabung dengan DKI Jakarta, tapi disatukan dalam suara dapil WNI luar negeri. Demikian dikatakan anggota Pansus RUU Pemilu dari F-PKS Almuzzammil Yusuf kepada Rakyat Merdeka di Jakarta, kemarin.

Kata Almuzzammil, ada beberapa alasan kuat me­ngapa F-PKS mengapresiasi gagasan ini. Pertama, jumlah WNI yang berada di luar negeri cukup signifikan. “Konon di Malaysia saja bisa 1,5 juta jiwa WNI. Kalau di luar negeri ada dua kali lipat jumlah itu, artinya minimal dapil luar negeri bisa mendapat enam kursi. Asumsinya, harga satu kursi berkisar 500 ribu pemilih.

Kedua, lanjut anak buah Tifatul Sembiring itu, keberadaan anggota legislatif wakil dapil luar negeri ini sangat bermanfaat untuk menjadi penampung aspirasi WNI di luar negeri, apakah terkait dengan evaluasi peran-peran dan fungsi Kedutaan RI di luar negeri yang selama ini kurang disorot perannya oleh DPR. Selain itu, pelayanan imi­grasi di dalam negeri, Depnaker, maupun terkait hak-hak mereka saat berhubungan dengan lembaga pengirim tenaga kerja maupun tempat mereka bekerja di luar negeri dalam konteks pembelaan hukumnya.

“Selama ini kasus-kasus TKI/ TKW misalnya belum mendapat cukup perhatian dan pembelaan yang serius dari pemerintah, Pemda terkait maupun DPR,” sambungnya.

Ditambahkan bekas Wakil Ketua Komisi III DPR itu, jika ada anggota legislatif yang mewakili mereka, maka WNI di LN bisa secara khusus melaporkan masalahnya kepada para anggota legislatif mereka. “Anggota legislatif dapil luar negeri tersebut sangat relevan untuk duduk di komisi yang berhubungan atau bermitra dengan Deplu, Depnaker dan Depkumham,” tandasnya.

Sementara, di saat reses, pribadi anggota legislatif tersebut bisa disebar secara bergilir ke berbagai negara, khususnya ke negara yang banyak WNI. rm



COMMENTS

Name

Berita,35,Daerah,5,DPR,9,Galeri,11,Hukum,18,Kiprah,40,Konstituen,4,Lampung,1,Mancanegara,7,Media,2,Nasehat,4,Negara,2,Olahraga,3,Pemuda,3,Pictures,12,PKS,9,Politik,2,Profil,1,Rilis,4,Selayang Pandang,1,Twitter,1,Video,19,
ltr
item
ALMUZZAMMIL YUSUF : PKS Dukung Partainya SBY
PKS Dukung Partainya SBY
ALMUZZAMMIL YUSUF
http://www.almuzzammilyusuf.id/2008/02/pks-dukung-partainya-sby.html
http://www.almuzzammilyusuf.id/
http://www.almuzzammilyusuf.id/
http://www.almuzzammilyusuf.id/2008/02/pks-dukung-partainya-sby.html
true
8659056155022164892
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy