$type=grid$count=4$tbg=rainbow$meta=0$snip=0$rm=0$label=0$hide=post

Komisi I DPR: Tawaran Enam Pesawat Tempur AS, Harus Dipertimbangkan Dulu


Rabu, 27 Peb 08 01:07 WIB (Eramuslim.com)

Pemerintah Indonesia diminta dapat mempelajari dengan sunguh-sungguh tentang tawaran untuk enam pesawat tempur F-16 jenis terbaru buatan AS. Apabila ada kepentingan yang akan merugikan Indonesia dimasa datang, pemerintah harus berani tegas menolaknya.


"Jika di balik bantuan itu ada kepentingan, pemerintah harus punya sikap, harus berani. Lagipula, jika ada hal seperti itu mekanismenya harus melalui DPR dulu, " tegas Anggota Komisi I DPR Al-Muzammil Yusuf, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa(26/2).

Dalam pertemuannya dengan Menhan Juwono Sudarsono dan Presiden SBY, di Istana Negara, kemarin, Menhan AS Robert Gates menawari RI enam pesawat tempur F-16.

Menurut Muzammil, pemerintah juga harus dapat melihat sifat tawaran itu, apakah hanya bersifat bantuan atau pun hal lain yang tidak membatas kepentingan negara.

"Kalau itu bantuan diterima, sejauh itu bermanfaat bagi negara dan selagi tidak mengikat bantuan datangnya dari mana, "ujarnya.

Dephan Masih Pikir-pikir

Sementara itu, Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan pembelian enam jet tempur jenis F-16 Fighting Falcon varian terbaru dari Amerika Serikat (AS) untuk meningkatkan kesiapan tempur Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

"Kita sedang mempertimbangkan tawaran jet tempur F-16 dari AS sebanyak enam unit, dengan masa pembiayaan empat hingga lima tahun, " kata Menhan RI usai bertemuan Menhan AS.

Menhan mengemukakan, pembelian enam unit F-16 itu akan memakai mekanisme pembiayaan `multiyears` sesuai kesepakatan dengan Departemen Keuangan dan Komisi I DPR.

"Kami juga masih mempertimbangkan apakah pembiayaannya akan dilakukan melalui mekanisme FMF (Foreign Military Financing) dan FMS (Foreign Military Sale). Semua juga tergantung DPR karena pada tahun ini pemerintah tengah memfokuskan anggaran pada kesejahteraan rakyat, " ujar Juwono.

Ia menjamin, rencana pembelian F-16 tersebut tidak akan berpengaruh terhadap komitmen RI dengan pemerintah Rusia dalam pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI. Sebab masing-masing negara memiliki kelebihan dan kekurangan. Menurutnya, kesulitan kerjasama dengan AS adalah masalah birokrasi sedangkan, kesulitan dengan Rusia adalah masalah pembayaran.

Sebelumnya, Komandan Komando Pemeliharaan Material TNI AU (Koharmatau) Marsekal Muda Soenaryo mengatakan, TNI AU kini memiliki sepuluh unit F-16 Fighting Falcon, dan dari jumlah itu ada enam yang masih dinyatakan laik pakai.

"Sepuluh unit yang kita pakai merupakan jenis A/B dan akan ditingkatkan kapasitasnya mendekati varian terbaru Block 52 F-16 Fighting Falcon C/D multi role, terutama untuk sistem avioniknya, "ujarnya.(novel/ant)


COMMENTS

Name

Berita,35,Daerah,5,DPR,9,Galeri,11,Hukum,18,Kiprah,40,Konstituen,4,Lampung,1,Mancanegara,7,Media,2,Nasehat,4,Negara,2,Olahraga,3,Pemuda,3,Pictures,12,PKS,9,Politik,2,Profil,1,Rilis,4,Selayang Pandang,1,Twitter,1,Video,19,
ltr
item
ALMUZZAMMIL YUSUF : Komisi I DPR: Tawaran Enam Pesawat Tempur AS, Harus Dipertimbangkan Dulu
Komisi I DPR: Tawaran Enam Pesawat Tempur AS, Harus Dipertimbangkan Dulu
http://2.bp.blogspot.com/-ypYGFGePaNo/UyowXmDtmfI/AAAAAAAAACI/mMHuLbX_xSA/s1600/172999_anggota-komisi-iii-dpr-dari-fpks-al-muzammil-yusuf_663_382.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ypYGFGePaNo/UyowXmDtmfI/AAAAAAAAACI/mMHuLbX_xSA/s72-c/172999_anggota-komisi-iii-dpr-dari-fpks-al-muzammil-yusuf_663_382.jpg
ALMUZZAMMIL YUSUF
http://www.almuzzammilyusuf.id/2008/02/komisi-i-dpr-tawaran-enam-pesawat.html
http://www.almuzzammilyusuf.id/
http://www.almuzzammilyusuf.id/
http://www.almuzzammilyusuf.id/2008/02/komisi-i-dpr-tawaran-enam-pesawat.html
true
8659056155022164892
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy